Kualitas Pelayanan Penerimaan Beras Sejahtera (Rastra) Di Desa Binangga Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Moutong

Penulis

  • Tri Wahyuni
  • Slamet Riadi
  • Suasa
  • Haedar Akib
  • Hasan Rachmany

DOI:

https://doi.org/10.55336/jpb.v1i1.7

Kata Kunci:

Service, Guarantee,, Emphaty,, Responsiveness

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan penerimaan Beras Sejahtera di Desa Binangga Kecamatan Parigi Tengah. Dasar penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dimana penarikan informan dilakukan dengan teknik Purposive. Jenis datanya adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, penelitian lapangan (observasi, wawancara, dan dokumentasi). Sedangkan informan berjumlah 9 orang. Aspek yang digunakan dalam penelitian terdiri dari 5 indikator yang dikemukakan oleh Zeithami, Parasuraman, Berry, (Harbani Pasolong) yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan. dimana kelima indikator tersebut adalah Tangibles (Penampilan Fisik), Reability (Reliability), Responsiveness (Reaponsive) (Assurance), Assurance (Guarantee), Emphaty (Perawatan atau Perhatian). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan Beras Sejahtera di Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Moutong belum berjalan dengan baik dilihat dari lima indikator yang digunakan yaitu Tangibles, Reability, Responsiveness, Assurance, Emphaty ( Pengobatan atau Perhatian). Dari segi tampilan fisik dari segi sarana dan prasarana di desa belum memadai, dari segi daya tanggap dalam memberikan pelayanan yang belum tepat dan cepat dalam melayani masyarakat, dan dari segi empati atau sikap keadilan yang diberikan oleh petugas yang bertanggung jawab dalam pendistribusian beras sejahtera belum sepenuhnya berlaku adil dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Biografi Penulis

Tri Wahyuni

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako, Palu Indonesia

Slamet Riadi

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako, Palu Indonesia

Suasa

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako, Palu Indonesia

Hasan Rachmany

Graduate Program Universitas Indonesia, Faculty of Administrative Sciences Jakarta

Graduate Program Institute of STIAMI Jakarta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-03-09

Cara Mengutip

Wahyuni, T. ., Riadi, S., Suasa, S., Akib, H., & Rachmany, H. . (2020). Kualitas Pelayanan Penerimaan Beras Sejahtera (Rastra) Di Desa Binangga Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Pajak Dan Bisnis, 1(1), 48–53. https://doi.org/10.55336/jpb.v1i1.7