Analisis Hedonisme, Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Di GS The Fresh Legenda Wisata Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening
DOI:
https://doi.org/10.55336/jpb.v5i2.234Keywords:
Hedonisme, Store Atmosphere, Loyalitas Konsumen, Brand ImageAbstract
Hedonisme, Store Atmosphere,dan Harga merupakan tiga dari beberapa faktor yang mempengaruhi Loyalitas Konsumen di GS THE FRESH Legenda wisata. Untuk membuktikan pengaruh ketiganya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Hedonisme, Store Atmosphere,dan harga terhadap Loyalitas konsumen dengan Brand Image sebagai variabel intervening. Dengan mengambil sampel 97 pelanggan yang diambil menggunakan sampel tidak terhingga karena jumlah populasi tidak diketahui, pengambilan data dilakukan dengan instrument kuesioner tertutup, ada lima skala penilaian, dari sangat tidak setuju sampai sangat setuju. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan data penelitian. Analisis regresi berganda digunakan sebagai alat analisis sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan Uji Normalitas,Uji Multikolienaritas,Uji Asumsi Autokorelasi dan Uji Heterokedastisitas. Hasil Penelitian ini menunjukan hasil bahwa Hedonisme, store atmosphere,dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Sedangkan Brand Image dapat memoderasi dan memperkuat hubungan antara Hedonisme, Store Atmosphere,dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen.
References
Akhmad Shidqi. Tuhan di Dunia Gemerlapku: Sebuah Buku Reportase. Yogyakarta: Kanisius. Allport, 2008
Amriani. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pt. Pos Indonesia (Persero) Cabang Sungguminasa Kabupaten Gowa. 1–88.
Asaloei, E. K. S. S. S. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Harga terhadap Pembelian Ulang Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(3), 27–34.
Astuti, Miguna dan Agni Rizkita Amanda. 2020. Pengantar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.
Aziz, T., Haryadi, R. N., Riyanto, S., & Usman, H. M. (2023). The Effect of Marketing Mix and Brand Image towards Interest of Students at Riyadlul Jannah Islamic High School Jonggol. International Journal of Sharia Business Management, 2(2), 49-56.
Burhanuddin, S. 1997. Etika Sosial Asas Moral dalam Kehidupan Manusia. Jakarta: Rineka Cipta. Chalil, R. D. et al. (2020). Brand, Islamic Branding, & Re-Branding (1st ed.). Depok: Rajawali Pers. Donni Juni Priansa.2017.Perilaku Konsumen dalam persaingan bisnis kontemporer. Bandung: alfabeta
Diana Agustin (2021) Pengaruh Gaya Hidup Dan Etnosentris Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Emina Di Watsons Cabang Ciwalk (Survey Pada Konsumen Watsons Di Cabang Ciwalk).
Edy Supriyantony, Cahya Nur Afrianti (2021). Pengaruh Motivasi Hedonis Dan Periklanan Terhadap Shopping Lifegaya Konsumen Produk Kosmetik Di Tambun Selatan Bekasi
Fandy Tjiptono. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta: Andi offset. Firmansyah, D. M. A. (2018). Perilaku Konsumen Sikap dan Pemasaran (Issue December). Deepublish.
Hanif, H., Suratminingsih, S., & Haryadi, R. N. (2023). The Effect of Giving Incentives on Employee Performance at PT. Gemilang Perkasa in Jakarta. Implikasi: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 1(1), 22-27.
Harahap, B. I., Nazer, M., & Andrianus, F. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Dalam Belanja Online Di Kota Solok. Technology Acceptance Model (TAM), 11(1), 1–9.
Hoiriyah, Y. U., & Chrismardani, Y. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Halal, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow (Studi Pada Mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 1(2), 115–120. https://doi.org/10.21107/jkim.v1i2.11590
Jennyya, V., Pratiknjo, M. H., & Rumampuk, S. (2021). Gaya Hidup Hedonisme Di Kalangan Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Holistik, 14(3),1–16 https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/34482/32374
Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa Maya Puspita Karimah. Jakarta: Erlangga Kotler,Pdan Armstrong, N.2012.Prinsip-prinsip pemasaran. edisi 12. jilid 1. terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Levy & Weitz, 2001. Retailing Management, 4th edition. New York: Mc.GrawHill.
Mahiri, Eli Achmad. (2020). Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen. XI(3),
Mayasari, I.Perilaku Hedonis: Pandangan Teoritis dan Praktis. Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera, hal 28-30, 2014
Mowen, Jhon C. Michael Minor. Perilaku Konsumsi Jilid 1 Edisi ke 5. Jakarta: Erlangga, 2001. Mowen, John. Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga.
Murtiani, Ningsih, & Bawono. (2020). Hubungan antara perilaku konsumtif pada produk x dengan citra diri remaja putri. Jurnal Mediapsi, 2(1), 45-50. 227–238.
Napitupulu, S., Tapiomas, N., & Tobink, R. (2021). Manajemen Pemasaran. Riyanto, T & Susanto, H.Mau Bahagia?. Yogyakarta: Kanisus, 2019
Nurjaya, N., Erlangga, H., Iskandar, A. S., Sunarsi, D., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pigeonhole Coffee di Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(2), 147-153.
Rudani, R. B. (2020). Principles of Management (Second edi). McGraw-Hill Education.
Santiago Lopez, "Pulse Oxymeter Fundamental and Design," Freescale Semiconductor, Application Note AN4327, 2016.
Setiadi, S. (2016). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
Setiadi. 2010. Perilaku Konsumen. Cetakan 4. Edisi Revisi. Jakarta; Kencana Sudarsono, Heri. 2020. Manajemen Pemasaran. Jawa Timur: Pustaka Abadi. Sunatra. 2016. Pendidikan Politik Kewarganegaraan. Bandung: LEK
Sunyoto, D. (2020). DASAR- DASAR MANAJEMEN PEMASARAN (ketiga). CAPS (Center of Academic Publishing Service).
Supriono. (2018). PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING ( Studi pada Pengunjung Mall di Kota Malang ). 2(1), 109–115.
Suranto, D. I., Annur, S., Ibrahim, & Alfiyanto, A. (2022). Pentingnya Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Kiprah Pendidikan,1(2), 59–66. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.26
Sutisna. (2016). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran (Bandung: Remaja Rosdakarya, Tjiptono, Fandy., dan Anastasia Diana (2020), Pemasaran, Yogyakarta: Andi.
Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta. Manajemen Pemasaran, 9(021), 113–123.
Tjiptono, Fandy., dan Anastasia Diana (2020), Pemasaran, Yogyakarta: Andi.
Ujang Sumarwan. 2015. Perilaku Konsumen Teori Penerapannya Dalam Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Ketiga. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Ujang Sumarwan. 2015. Perilaku Konsumen Teori Penerapannya Dalam Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Ketiga. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Ujang Sumarwan.2011. Perilaku Konsumen:Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran.Penerbit Ghalia Indonesia.Bogor
Yahya, A., & Haryadi, R. N. (2023). The Effect of Store Atmosphere on Consumer Purchase Decisions at Kentucky Fried Chicken Serpong Branch Tangerang Selatan. Kompartemen: Kumpulan Orientasi Pasar Konsumen, 1(1), 31-36.
Yahya, A., & Haryadi, R. N. (2023). The Effect of Store Atmosphere on Consumer Purchase Decisions at Kentucky Fried Chicken Serpong Branch Tangerang Selatan. Kompartemen: Kumpulan Orientasi Pasar Konsumen, 1(1), 31-36.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Inayatilah Haerudin, Hery Margono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.