Determinasi Persepsi Label Halal, Religiusitas, Dan Pengaruh Kelompok Referensi Dalam Keputusan Pembelian Produk Berlabel Halal Di Kota Langsa
DOI:
https://doi.org/10.55336/jpb.v6i1.314Keywords:
Persepsi Label Halal, Religiusitas, Kelompok Referensi, Keputusan Pembelian Produk Berlabel HalalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi label halal, religiusitas, dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian produk berlabel halal di kalangan konsumen Muslim. Latar belakang penelitian ini didorong oleh meningkatnya kesadaran konsumen terhadap produk halal dan pentingnya faktor-faktor sosial dalam pengambilan keputusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan sumber data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner sebanyak 300 responden di kota langsa. Analisis data dilakukan menggunakan regresi berganda untuk menguji pengaruh simultan dari variabel-variabel yang diteliti. Temuan penelitian menunjukkan bahwa persepsi label halal, religiusitas, dan kelompok referensi secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian produk berlabel halal, dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,391. Hal ini berarti bahwa 39,1% variasi dalam keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut. Sementara itu, 60,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa pemahaman yang baik tentang persepsi label halal, religiusitas, dan pengaruh kelompok referensi sangat penting bagi pemasar dalam merancang strategi pemasaran yang efektif. Penelitian ini juga membuka peluang untuk eksplorasi lebih lanjut mengenai variabel lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian produk halal.
References
Ardiyana, M. A., & Maskur, A. (2022). Pengaruh kualitas produk label halal dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian lipstik wardah (studi pada remaja muslimah di Kota Semarang). SEIKO: Journal of Management & Business, 5(2), 93-103.
Arsad, P. A. (2023). Pengaruh Religiusitas Islam dan Pengetahuan Produk Halal terhadap Keputusan Pembelian Merek Wardah di Kota Medan. Skripsi. (Studi Kasus Mahasiswa/I Fakultas Hukum Universitas Medan Area Tahun 2021).
Arviana, P. (2020). Pengaruh Religiusitas Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Daging Olahan (Studi Pada Konsumen Muslim Nadia Food Supplies Makassar). Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Alauddin.
Arviana, P. (2020). Pengaruh Religiusitas Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Daging Olahan (Studi Pada Konsumen Muslim Nadia Food Supplies Makassar). Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Alauddin.
Fitriani Rizki, & Ajeng Andriani Hapsari. (2023). Pengaruh Persepsi Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Pada Produk Di Java Bakery Adiwerna. AL-KARIM: Journal of Islamic and Educational Research, 1(3), 39–51. Retrieved from https://journal.institercom-edu.org/index.php/alkarim/article/view/7
Ghozali, I 2018, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ibnunas, B. G. (2020). Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Pembelian Produk Halal (Studi Kasus Pada CNI Street Food di Jakarta Barat) (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). https://doi.org/10.32493/jmw.v1i2.10105
Jamal, A., & Sharifuddin, J. (2015). Perceived value and perceived usefulness of halal labeling: The role of religion and culture. Journal of Business research, 68(5), 933-941. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2014.09.020
Jamalia, B. (2023). Pengaruh Religiusitas, Harga dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Halal. Wasathiyah: Jurnal Studi Keislaman, 4(2), 1-7.
Lalu Supardin. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Berlabel Halal. JEMBA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 71–82. Retrieved from https://www.bajangjournal.com/index.php/JEMBA/article/view/1328.
Lestari, Dwi Indah.(2024). Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Produk Halal, Dan Kesadaran Halal Terhadap Keputusan Muslim Membeli Produk Umk Berlabel Halal (Studi Empiris Toko Oleh-oleh Abah Uus). Skripsi. Fakultas ekonomi dan bisnis islam Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Lestari, T. D., & Daswan, L. (2023). Pengaruh Religiusitas dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik. Management and Accounting Research Statistics, 3(1), 135-146. https://doi.org/10.59583/mars.v3i1.32
Pramintasari, T. R., & Fatmawati, I. (2017). Pengaruh keyakinan religius, peran sertifikasi halal, paparan informasi, dan alasan kesehatan terhadap kesadaran masyarakat pada produk makanan halal. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(1), 1-33. https://hsint.id/artikel/peran-logo-halal-dalam-menjamin-keamanan-produk.
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Purwanti, N., & Aulia, T. (2023). Pengaruh Persepsi Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Masyarakat Desa Gandu. Eco-Iqtishodi: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Keuangan Syariah, 4(2), 143-156. https://doi.org/10.32670/ecoiqtishodi
Rohmah, N. S. Pengaruh Persepsi Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Olahan Impor (Studi Kasus Generasi Z Muslim Kabupaten Bogor). skripsi, UT-Syariah Economic, IPB University.
Rustandi, N., & Marlina, H. (2022). Pengetahuan Produk Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Berlabel Halal Pada Mahasiswa Universitas Suryakancana Cianjur. Ar-Rihlah: Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah, 2(2), 149-164. https://doi.org/10.35194/arps.v2i2.2630
Sugiyono 2019, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sumartin, M. (2020). Pengaruh Persepsi Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Amanah Cosmetik Pekanbaru Menurut Ekonomi Syari’ah (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dewi Rosa Indah, Dhian Rosalina, Ziaul Maula, Erni Junaida, Rico Syahputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.