Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Persepsi Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Berlabel Halal

Authors

  • Rahmi Meutia Universitas Samudra, Aceh, Indonesia
  • Riny Chandra Universitas Samudra, Aceh, Indonesia
  • Rahmad Tantawi Universitas Samudra, Aceh, Indonesia
  • Zulkarnen Mora Universitas Samudra, Aceh, Indonesia
  • Rahmat Maulidan Universitas Samudra, Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55336/jpb.v6i1.308

Keywords:

Pengetahuan Produk, Persepsi Label Halal, Keputusan Pembelian Produk Halal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk dan persepsi label halal terhadap keputusan pembelian produk berlabel halal. Metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, metode regresi linier berganda, serta uji hipotesis (uji parsial, uji simultan dan koefisien determinasi). Analisis data dilakukan menggunakan bantuan program SPSS versi 26, dengan tingkat error sebesar 5%. Dari hasil penelitian yang dilakukan, hasil uji t yaitu pengetahuan produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk berlabel halal, dan persepsi label halal secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk berlabel halal. Hasil uji F menunjukkan bahwa pengetahuan produk dan persepsi label halal secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk berlabel halal. Hasil uji koefisien determinasi menjelaskan bahwa 29% keputusan pembelian produk berlabel halal dipengaruhi oleh pengetahuan produk dan persepsi label halal. Sedangkan 71% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Agustino & Syaifullah 2020, ‘Pengaruh kualitas produk dan product knowledge terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Long Time’, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 8, no. 1, hh. 627-636, https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.28032.

Alim, S A, Mawardi, M K & Bafadhal, A S 2018, ‘Pengaruh persepsi label halal dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk fesyen muslim (Survei pada pelanggan produk Zoya Muslim di Kota Malang)’, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), vol. 62, no. 1, hh. 127-134,

http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2657.

Anwar, M K, Fahrullah, A &Ridlwan, A A 2018, ‘The problems of halal certification for food industry in Indonesia’, International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET), vol. 9, no. 8, hh. 1625-1632. http://iaeme.com/Home/issue/IJCIET?Volume=9&Issue=8.

Astuti, S, Wonua, A R & Titing, A S 2023, ‘Pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian pada Tiktok Shop’, Journal of Management and Social Sciences (JIMAS), vol. 2, no. 4, hh. 147-161,

https://doi.org/10.55606/jimas.v2i4.

Fahmi, I 2016, Perilaku Konsumen, Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I 2018, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

LPPOM MUI 2023, Tentang Produk Halal, https://halalmui.org/tentang-produk-halal/, diakses 24 Maret 2024.

Matondang, Z, Fadlilah, H & Saefullah, A 2023, ‘Pengaruh pengetahuan produk, label halal, dan harga produk terhadap keputusan pembelian kosmetik dengan religiusitas sebagai variabel moderating’, Jurnal lmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, vol. 5, no. 1, hh. 18-38, https://doi.org/10.24239/jiebi.v5i1.138.18-38.

Nanda, K F & Ikawati, R 2020, ‘Hubungan persepsi label halal MUI terhadap minat beli produk makanan pada mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta’, Journal of Food and Culinary, vol. 3, no. 1, hh. 1-9, https://doi.org/10.12928/jfc.v3i1.3597.

Nugroho, A R A&Setyawan, A A2015, Analisis pengaruh product knowledge, sikap pada produk terhadap minat beli produk Zandilac (Studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta), Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, https://eprints.ums.ac.id/37085/.

Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Purwanti, N & Aulia, T 2023, ‘Pengaruh persepsi label halal terhadap keputusan pembelian produk Wardah pada masyarakat Desa Gandu’, Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Keuangan Syariah, vol. 4, no. 2, hh. 143-155,

https://doi.org/10.32670/ecoiqtishodi.v14i2.3196.

Sugiyono 2019, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F 2020, Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset. World Population Review 2023, Muslim Population by Country,

https://worldpopulationreview.com/country-rankings/muslim-population-by-country, diakses pada tanggal 12 Februari 2024.

Yoesmanam, I C 2018, ‘Pengaruh pengetahuan produk dan persepsi kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada kosmetik organik’, BISMA (Bisnis Dan Manajemen), vol. 7, no. 2, hh. 134–142, https://doi.org/10.26740/bisma.v7n2.p134-142.

Downloads

Published

2025-03-06

How to Cite

Meutia, R., Chandra, R. ., Tantawi, R. ., Mora, Z. ., & Maulidan, R. . (2025). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Persepsi Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Berlabel Halal. Journal of Tax and Business, 6(1), 132–138. https://doi.org/10.55336/jpb.v6i1.308