Pengaruh Brand Image Dan Promosi Terhadap Peningkatan Mahasiswa Baru Di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Hidayatullah Depok

(Studi Pada Mahasiswa Stie Hidayatullah Depok)

Authors

  • Fathul Jihad STIE Hidayatullah Depok, Jawa Barat, Indonesia
  • Muhamad Apep Mustafa STIE Hidayatullah Depok, Jawa Barat, Indonesia
  • Saifudin Saifudin STIE Hidayatullah Depok, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55336/jpb.v6i1.307

Keywords:

Brand Image, Promosi, Peningkatan Mahasiswa Baru

Abstract

Dalam menghadapi persaingan dan mempertahankan eksistensi, perguruan tinggi perlu memiliki strategi yang efektif, terutama dalam menarik minat mahasiswa baru. Faktor-faktor penting yang memengaruhi minat mahasiswa baru antara lain adalah brand image dan strategi promosi yang diterapkan oleh perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image dan promosi baik secara parsial maupun simultan terhadap peningkatan jumlah mahasiswa baru di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Hidayatullah Depok. Variabel independen dalam penelitian ini adalah brand image (X1) dan promosi (X2), sedangkan variabel dependen adalah peningkatan jumlah mahasiswa baru (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei, menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert 1-4 yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengolahan dan analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, brand image memiliki pengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa baru, demikian pula promosi yang memberikan dampak serupa. Secara simultan, brand image dan promosi juga terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah mahasiswa baru di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Hidayatullah Depok.

References

Adi, S. (2003). Pengertian PeningkatanMenurut Ahli. Duniapelajar.Com. http://www.duniapelajar.com.pengertian-peningkatan-menurut-paraahli.html

Alfaruki, D., Mustofa, M. A., Fahrozi, R., Casilam, C., & Saifuddin, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Muzakki dengan Kepuasan Sebagai Intervening Variabel:(Studi Kasus Lembaga Zakat Baitul Maal Hidayatullah). JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik, 1(1), 14-22.

Arifin, Z. A. L. S., Sumarwan, U., & Najib, M. (2020). The Influence of Marketing Mix on Brand Image, Motivation and Students Decision to Choose Graduate Studies of IPB University. Journal of Consumer Sciences, 5(2), 139–156. https://doi.org/10.29244/jcs.5.2.139-156

Aryawan, I. W. (2022). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru Di Universitas Dwijendra. Widya Accarya, 13(1), 53–61. https://doi.org/10.46650/wa.13.1.1236.53-61

Astuti, S. (2015). Analisis bauran promosi dalam peningkatan jumlah mahasiswa barudi FKIP UHAMKA Jakarta. Jurnal Utilisasi, 1, 79–91.

Ayuniah, P. (2017). Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah ( Studi Kasus Pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma. Jurnal Ekonomi Bisnis Volume, 22(3), 208–219. https://www.neliti.com/id/publications/127763/pengaruh-kualitas-produk-harga-dan-word-of-mouth-terhadap-keputusan-pembelian-pa

Bakar, A., Butarbutar, D. J. A., Hasanudin, A., Mukhlishah, N., & Sakiana, D. (2022). PENGARUH PROMOSI DAN AKREDITASI TERHADAP MINAT MAHASISWA BARU. Jurnal Agama Sosial Dan Budaya, Vol.5 No 4. https://doi.org/10.31538/almada.v5i4.2738

Dariyanto, E. (2021). Setiap Tahun 3,7 Juta Pelajar Lulus SMA, Hanya 1,8 Juta yang Bisa Kuliah. Detik.Com. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5623865/setiap-tahun-3-7-juta-pelajar-lulus-sma-hanya-1-8-juta-yang-bisa-kuliah

Fahrozi, R., Ramadhan, F. P., Sabaruddin, R., & Saifuddin, S. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Orang Tua Dalam Memilih Green Entrepreneur School (GES). Jurnal Tadbir Peradaban, 2(2), 129-132.

Ferrinadewi, E. (2009). Merek & Psikologi Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu.

Haidir, H. (2022). Strategi Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Jurusan Program Keagamaan MAN 3 Bungo. Jurnal Pendidikan Guru, 4(1). https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v4i1.433

Hairullah, H. (2023). Reformasi Pendidikan Islam di Madrasah dan Relevansinya dalam Pendidikan Abad 21?: Peluang dan Tantangan. Jurnal Ilmiah Widya Borneo, 6(1), 19–28. https://doi.org/10.56266/widyaborneo.v6i1.164

Hanafiah, A., & Kasmo, A. B. P. (2016). PENGARUH PROMOSI TERHADAP BRAND IMAGE PADA PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENJADI MAHASISWA UNIVERSITAS MERCU BUANA. 571–585.

Hariri, M., & Vazifehdust, H. (2011). How does Brand Extension Affect Brand Image? Business and Economics Research, 1(International Conference on Business and Economics Research (ICBER 2010)), 104-109 WE-Conference Proceedings Citation Inde.

Hudatama, B. I., & Ngatno, &. (2023). Pengaruh Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Baru Indihome di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(1), 1–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab

Jannah, R. (2021). STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Tsaqafatuna, 3(1), 50–64. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v3i1.62

Juhaidi, A., & Syaifuddin. (2012). Costumer Based Brand Equity Index Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. 2015.

Kartajaya, H. (2001). Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan Global. In 20001 (Cetakan Ke). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009a). Manajemen Pemasaran (T. B. Sabran (ed.); Edisi ke 1). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009b). Manajemen pemasaran jilid 1. Erlangga.

Lacap, J. P. G., & Cortez, J. V. (2023). Does Reputation Lead to Student Loyalty? The Case of a Private Higher Education Institution, a State University, and a Local College. The South East Asian Journal of Management, 17(2), 26–49. https://doi.org/10.21002/seam.v17i2.1343

Leuwol, F. S., Kartiko, A., Nasar, I., Indrus, I., & Putra, T. (2023). The influence of educational promotion and brand image on students’ decision to choose Madrasah. MUADDIB: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 90–100. https://doi.org/10.24269/muaddib.v13i2.7652

Lim, K. S. E., & Pei, L. T. (2013). A Statistical Analysis of Education Service Quality Dimensions on Business School Students’ Satisfaction. International Education Studies, 6(8). https://doi.org/10.5539/ies.v6n8p136

Maajid Amadi, A. S. (2023). Upaya Pemerintah dalam Menjamin Hak Pendidikan untuk Seluruh Masyarakat di Indonesia: Sebuah Fakta yang Signifikan. Educatio, 18(1), 161–171. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.14798

Oktaria, E. T., Hairudin, H., & Setiawan, R. (2023). PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENERIMAAN SISWA PADA LEMBAGA KURSUS BAHASA INGGRIS LANGUAGE EXCHANGE (LE) KOTA BANDAR LAMPUNG. August.

Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Purnama, L., Suyani, T., & Hardipamungkas, N. E. (2020). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA ONLINE GOJEK DI KOTA TANGERANG. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(1), 45. https://doi.org/10.31599/jmu.v2i1.739

Rizki, M. (2023). Pentingnya Strategi Pemasaran Melalui Penguatan Citra Merek. Ebismen , 2(1), 240–245.

Rosyidah, N., Matin, M., & Rosyidi, U. (2020). Internationalization in Higher Education: University’s Effective Promotion Strategies in Building International Trust. European Journal of Educational Research, 9(1), 351–361. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.351

Saputri, N., & Sudhana, P. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan dengan Variabel Intervening Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian di TK ID. KALBISIANA Jurnal Sains, Bisnis Dan Teknologi, 10(2), 159–165. https://doi.org/10.53008/kalbisiana.v10i2.1424

Sari, E. A., & Wijaya, L. S. (2020). Strategi Promosi Melalui Direct Marketing Untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 16. https://doi.org/10.31315/jik.v17i1.2608

Selamet, S., Supiana, & Yuliati Zaqiah, Q. (2023). KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Histori dan Regulasi di Indonesia). TADBIRUNA, 2(2), 71–85. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i2.395

Siahaan, A. P. U. (2023). Sosialisasi dan Kunjungan Kampus dalam Promosi Program Studi Komputer Universitas Pembangunan Panca Budi di SMK Negeri 9 Medan. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(3), 88–94.

Swastha, B. (2009). Manajemen Penjualan (Edisi Keti). BPFE.

Tjiptono, F. (2004). Strategi Pemasaran (Edisi Kedu). Andi Offset.

Downloads

Published

2025-03-06

How to Cite

Jihad, F., Mustafa, M. A. ., & Saifudin, S. (2025). Pengaruh Brand Image Dan Promosi Terhadap Peningkatan Mahasiswa Baru Di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Hidayatullah Depok: (Studi Pada Mahasiswa Stie Hidayatullah Depok). Journal of Tax and Business, 6(1), 117–131. https://doi.org/10.55336/jpb.v6i1.307