Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kegunaan Berpengaruh Terhadap Minat Pengguna Aplikasi Shopee Berbasis Sistem Informasi Akuntansi
DOI:
https://doi.org/10.55336/jpb.v5i1.192Keywords:
Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Minat Pengguna Aplikasi Shopee, Aplikasi OnlineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan terhadap minat pengguna aplikasi shopee berbasis sistem informasi akuntansi pada mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) yang berjumlah 1.098 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini ditentukan sebanyak 92 orang dari jumlah populasi dengan pengambilan sampling menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian diketahui bahwa persepsi kemudahan tidak berpengaruh terhadap minat pengguna aplikasi shopee berbasis sistem informasi akuntansi, persepsi kegunaan berpengaruh signifikan terhadap minat pengguna aplikasi shopee berbasis sistem informasi akuntansi, serta persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan secara simultan berpengaruh terhadap minat pengguna aplikasi shopee berbasis sistem informasi akuntansi. Kontribusi persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan berpengaruh terhadap minat pengguna aplikasi shopee berbasis sistem informasi akuntansi sebesar 43,4%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
References
Budiastuti, Angela. D dan Muid, Dul. 2020. Analisis Faktor-Faktor Pengaruh Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce Pada Aplikasi Shopee Dengan Menggunakan Technology Acceptance model (TAM). Diponegoro Journal Of Accounting, Volume 9, Nomor 4, hal. 1-10.
Darmayanti, N., Rahmawati, Dyla, P., Dientri, A. 2022. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-commerce di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, Volume 6, Nomor 1, hal. 33-42.
Dianari, R. G. F. 2017. Pengaruh E-Commerce Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Katolik Parahyangan.
Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.
Hermawan, Asep dan Yusran, Husna, L. 2017. Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Depok: Kencana.
Kurniawan, Albert. 2014. Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis: Teori, Konsep, dan Praktik Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Mahedy, K., Parmawati, P., dan Ernanda, K. 2016. Pelatihan Pemanfaatan Media Online Sebagai Sarana Pemasaran Hasil Produksi Bagi Asosiasi Pengrajin Industri Kecil (APIK) Kabupaten Buleleng. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Millennia, F. H. 2019. E-Commerce Memiliki Sistem Informasi Akuntansi Yang Sangat Mudah. https://www.kompasiana/com/milleniniafitri/5d6e780b97f36319d46cf43/e-commerce-memiliki=sistem-informasi-akuntansi-yang-sangat-mudah. Diakses tanggal 21 Desember 2023.
Monica, N., dan Tama, Anna, I. 2017. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kenyamanan, Norma Subjektif dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Electronic Commerce. Jurnal Riset Akuntansi & Komputerisasi Akuntansi, Volume 8, Nomor 1, hal. 27-41.
Romney, Marshall, B dan Steinbart, Paul, J. 2019. Accounting Information Systems 13th ed. Jakarta: Salemba Empat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hijratul Aswad, Annesa Adriyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.