Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Word Of Mouth Dan Mencari Variasi Terhadap Perpindahan Merek Smartphone Iphone Ke Merek Lain
DOI:
https://doi.org/10.55336/jpb.v5i1.190Keywords:
Ketidakpuasan Konsumen, Word Of Mouth, Mencari Variasi, Perpindahan MerekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Word Of Mouth, dan Mencari Variasi terhadap Perpindahan Merek Smartphone I phone dengan merek smartphone yang lain. Sampel penelitian sebanyak 170 responden siswa SMA di kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi yang pernah melakukan perpindahan merk smartphone dari Iphone ke merk smartphone yang lain dengan menggunakan teknik Convience Sampling (Accidental Sampling). Analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear berganda, uji koefisien regresi secara parsial (uji t), uji koefisien regresi secara simultan (uji f),dan koefisien determinasi (R2) dengan bantuan program SPSS Versi 26.0.
Hasil penelitian dengan menggunakan SPSS Versi 26.0 bahwa secara parsial variabel Ketidakpuasan Konsumen berpengaruh terhadap Perpindahan Merek, hal ini ditunjukkan dari hasil uji parsial atau uji t dimana t hitung > t tabel dengan nilai koefisien dari Ketidakpuasan Konsumen sebesar 3,089 > 1,974, variabel Word Of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Perpindahan Merek, hal ini ditunjukkan dari hasil uji parsial atau uji t dimana t hitung > t tabel dengan nilai koefisien dari Word Of Mouth sebesar 3,056 > 1,974, variabel Mencari Variasi berpengaruh signifikan terhadap Perpindahan Merek, hal ini ditunjukkan dari hasil uji parsial atau uji t dimana t hitung > t tabel dengan nilai koefisien dari Mencari Variasi sebesar 7,441 > 1,974, serta secara simultan variabel Ketidakpuasan Konsumen, Word Of Mouth, dan Mencari Variasi berpengaruh signifikan terhadap Perpindahan Merek, hal ini dapat diliat dari koefisien determinasi (R2) atau Adjusted R Square bernilai 0,768 atau sebesar 76,8% yang menunjukkan bahwa pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Word Of Mouth, dan Mencari Variasi terhadap Perpindahan Merek sebesar 76,8% sedangkan sisanya sebesar 23,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini.
References
Amstrong, Kotler. 2015. Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition.England : Pearson Education, Inc.
Aziz, T., Haryadi, R. N., Riyanto, S., & Usman, H. M. (2023). The Effect of Marketing Mix and Brand Image towards Interest of Students at Riyadlul Jannah Islamic High School Jonggol. International Journal of Sharia Business Management, 2(2), 49-56.
Belch & Belch Advertising & Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. New York: McGraw Hi
Fandy, Tjiptono dan Greforius, Chandra. 2016. Pemasaran Jasa (Prinsip,.Penerapan, dan Penelitian). Yogyakarta: Andi
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multovariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro
Hasan, Ali. 2014. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Jakarta: CAPS. Hawkins, D.I., dan Mothersbaugh, D.L. 2015. Consumer Behavior:Building Marketing Strategy.13th edition. New York: McGraw-Hill
Injila Tifanika Montolalu, Silvya L. Mandey dan Jane Grace Poluan. 2018. Analisis Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi Produk dan Iklan Prduk Pesaing terhadap Keputusan Perpindahan Merek dari Sabun Pembersih Wajah pada Supermarket Grand Central Tomohon
Kiswati, Sri. 2010. Studi Tentang Sikap Konsumen Atas Merek Tolak Angin pada mahasiswa FE Universitas Dipenogoro Semarang.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management 15 th. Edition. NewJersey : Prentice Hall.
Mowen, John C dan Minor, Micheal. 2012. Perilaku Konsumen dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Jakarta : Erlangga
Mufira Widiati, dan Okki Trinanda. 2019. Pengaruh Customer Dissatisfaction dan Word of Mouth (WOM) terhadap Brand Switching pada California Fried Chicken (CFC) Ke Fast Food Merek Lain (Studi Kasus pada Masyarakat Kota Padang)
Olivia Benedica. 2018. Pengaruh Word of Mouth Communication, Perceived Quality, Purchase Experience, dan Variety Seeking terhadap perilaku brand Switching (Kasus pada Lip Produk Maybeline New York)
Peter, J Paul dan Olson, Jerry C., Consumer Behavior& Marketing Strategy, 9th edition. McGraw-Hill/irwn.
Rafita Eka Andriani dan Nindira Untarini. 2015. Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Perpindahan Merek Mobile Broadband Smartfren
Ria Mupidah. 2019. Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Bagi Konsumen Smartphone Samsung Di Kecamatan Losari Kabupaten Brebes.
Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. 2010. Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall
Schiffman, L.G.,Wisenblit, Joseph. 2015. Consumer Behaviour (11th ed). Pearso Australia
Solomon, Michael R. 2011. Consumer Behavior (Buying, Having, and Being). New Jersey: Pearson.
Staton, William J. Shultz. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta. Alih bahasakan Buchory Alma prinsip-prinsip.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi, Yogyakarta:C.V. Anfi Offest
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.C.V.
Sumardy, Marlin Silviana, Melina Melone. 2011. The Power of Word of MouthMarketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta: Graha. Ilmu. Umar, Husein.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Candra Dwi Hardiana, Yusril Yusril, Alifia Lutfi Intani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.