Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks Cabang Panam Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.55336/jpb.v5i1.175Keywords:
Store Atmosphere, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada Starbucks Cabang Lebak Bulus Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan sampel sebanyak 96 responden. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini variabel store atmosphere diperoleh rata-rata skor sebesar 3,79 dengan kriteria baik. Variabel keputusan pembelian diperoleh rata-rata skor sebesar 3,84 dengan kriteria baik. Store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y = 8,777 + 0,868X, dan nilai korelasi 0,777 atau kuat dengan determinasi 60,4%. Uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (11,978 > 1,986) dan juga diperkuat dengan signifikansi 0,000 < 0,05.
References
Abdullah. M (2016) Manajemen dan Evaluasi Keputusan Pembelian. Yogyakarta: Penerbit Aswaja Pressindo.
Algifari (2015) Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.
Ariyanto, A., Nuryani, A., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart BSD Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(1), 29-36.
Bashu Swastha dan T. Handoko (2015) Manajemen Pemasaran Moderen, Yogyakarta: BPFE.
Buchari Alma (2014) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi.
Fandy Tjiptono (2017) Serivce Quality and Satisfiation. Jakarta: Edisi tiga. Andi.
Freddy Rangkuti (2016) Strategi Promosi Yang Kreatif, Edisi Pertama, Cetakan Pertama Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Imam Ghozali (2017) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Istijanto (2014) Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Kharis, Ismu Fadli (2011) Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Online. Semarang: Skripsi Universitas Diponegoro.
Kotler dan Amstrong (2017) Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belas”. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi (2016) Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 4, Jakarta: Salemba Empat.
Luthans Fred (2014) Organizational Behavior. Ney York: McGraw-Hill. New York.
Nurjaya, N., Erlangga, H., Iskandar, A. S., Sunarsi, D., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pigeonhole Coffee di Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(2), 147-153.
Philip Kotler (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat Belas, Jakarta: PT. Indeks.
Phipil Kotler dan Kevin Keller (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Jakarta: Erlangga.
Rao, Purba (2015) Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysis, The Asian.
Santoso, Singgih (2015) Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sudjana (2014) Metode Statistika, Bandung: Tarsido.
Sugiyono (2019) Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & D. Bandung: Alfabeta.
Suhartanto (2014) Metode Riset Pemasaran. Bandung: Alfabeta
Yahya, A., & Haryadi, R. N. (2023). The Effect of Store Atmosphere on Consumer Purchase Decisions at Kentucky Fried Chicken Serpong Branch Tangerang Selatan. Kompartemen: Kumpulan Orientasi Pasar Konsumen, 1(1), 31-36.
Yogi, G. A., & Basir, G. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Produk Cicil Emas Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Lcp Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Ekonomi Utama, 2(2), 222-231.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arief Rifa'i Harahap Arief, Desi Susanti, Agustin Basriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.