Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mulia Mart Depok
DOI:
https://doi.org/10.55336/jpb.v5i1.173Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Loyalitas PelangganAbstract
Kualitas Pelayanan yang kurang baik, kemampuan karyawan Mulia Mart yang kurang profesional membuat berkurangnya kepercayaan pelanggan untuk berbelanja di Mulia Mart, selain permasalahan tersebut ada faktor lain yang dikeluhkan oleh konsumen atau pelanggan mulia mart terdapat beberapa item barang yang harganya lebih tinggi dari toko lain. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei. Dalam penelitian survei, informasi yang dikumpul dari responden dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pelanggan Mulia Mart. Hal ini masih adanya kekhawatiran pada pembeli bila akan keamanan data yang diberikan oleh pelanggan Mulia Mart Depok. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan mulia mart sementara kepercayaan Terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Mulia Mart Depok.
References
Sembiring, I. J., & Suharyono, A. K. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan McDonalds MT. Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(1).
Normasari, S., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, citra perusahaan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(2).
Isbandono, P. (2009). Loyalitas Pelanggan: Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit Umum Syaiful Anwar Malang. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 1(2), 131–139.
Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171–180.
Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 3(1), 1–17.
Hidayat, D. R., & Firdaus, M. R. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Kepercayaan, Citra Perusahaan, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan:(Studi Pada Pelanggan Telkom Speedy Di Palangka Raya). Jurnal Wawasan Manajemen, 2(3), 237–250.
Darwin, S. (2014). Analisis pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan dan kepercayaan pelanggan sebagai variabel intervening pada asuransi jiwa Manulife Indonesia-Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abu A’la Abdullah, Miftahussa’ada Miftahussa’ada, Abdul Muhaimin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.