Pengaruh Media Sosial Tiktok Dan Instagram Terhadap Minat Beli Pada Produk Kecantikan
DOI:
https://doi.org/10.55336/jpb.v5i1.171Keywords:
Aplikasi Tiktok, Instagram, minat beliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh media sosial Tiktok terhadap minat beli produk kecantikan. (2) pengaruh media sosial Instagram terhadap minat beli produk kecantikan. (3) pengaruh media sosial Tiktok dan Instagram terhadap minat beli produk kecantikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner berbasis online menggunakan google form. Sampel dalam penelitian ini adalah 100. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling, yaitu dengan teknik sampling convenience sampling sehingga peneliti memilih responden berdasarkan yang paling mudah ditemukan atau diperoleh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif Tiktok terhadap minat beli produk kecantikan. Hal ini dibuktikan dengan nilai X1 t count 5,202 (2) terdapat pengaruh positif Instagram terhadap minat beli produk kecantikan. Hal ini dibuktikan dengan nilai X2 t yang dihitung oleh 6.176 (3) aplikasi Tiktok dan Instagram terhadap minat beli produk kecantikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji diperoleh nilai F hitung sebesar 79,680 dengan signifikan (0,000 < 0,05)
References
Azizah, L., Gunawan, J., & Sinansari, P. (2021). Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli Produk Kosmetik di Indo2nesia. Jurnal Teknik ITS, 10(2), A438-A443.
Bohang, F. K. (2018). Membandingkan Kesetiaan Pengguna Android dan iOS - Kompas.com. Kompas.Com, 2018, 5. https://tekno.kompas.com/read/2018/03/11/11370017/membandingkan-kesetiaan-pengguna-android-dan-ios
Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). Pengaruh Harga Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Minat beli Konsumen (studi pada Villa Triviona di PT. Aek Nauli Medan). 10–33.
Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.
Helmi, M. S. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen pada Minimarket. Ekonomi & Manajemen Bisnis, 11(2), 87–107.
Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmiah Society, 1(1), 1–10.
Mathematics, A. (2016). ??No Title No Title No Title. 1–23.
Salsabila, E. F., Hanggara, G. S., & Dwi, R. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa Smk Pgri 2 Kediri. Seminar Nasional Virtual, Konseling Kearifan Nusantara, 32–41.
Shalihah, nur fitriatus. (2020). Sejarah Instagram dan Cerita Awal Peluncurannya. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/06/100500365/sejarah-instagram-dan-cerita-awal-peluncurannya?page=all
Susilowati. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2), 176–185. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom
Wahid, Hilmiati, and Suhrah Febrina Karim. Krim Antiaging dari Ekstrak Kolagen Limbah Sisik Ikan Bandeng (Chanos chanos). Penerbit NEM, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hafifuddin Hafifuddin, Nursaadah Nursaadah, M.Ali Busro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.