Efektivitas Mengajar Ditinjau dari Efikasi Diri, Kualitas Pemberdayaan Guru, dan Kepemimpinan Sebagai Moderating di Mts Darul Falah Citereup
DOI:
https://doi.org/10.55336/jpb.v4i2.142Keywords:
Efektivitas Mengajar, Efikasi Diri, Kualitas Pemberdayaan GuruAbstract
Efektivitas Mengajar sangatlah penting dalam satuan pendidikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan terciptanya efektivitas mengajar yang baik maka guru akan berusaha untuk dapat mengatasi dan memecahkan masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan upaya-upaya meningkatkan efektivitas mengajar pada guru melalui penguatan efikasi diri dan kualitas pemberdayaan pada guru MTS se-kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional, dimana pada tahap pertama penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dan data dikumpulkan melalui penyebaran angket secara online, lalu dideskripsikan dengan deskripsi statistik dan dianalisis dengan regresi. Populasi penelitian ini adalah guru MTS se-kecamatan Citeureup sebanyak 276. Sampel penelitian sebanyak 163 responden ditentukan dengan rumus Slovin, dipilih menggunakan metode proporsional random sampling. Tapi di sini yang digunakan hanya 133 responden. Hasil penelitian kuantitatif menemukan bahwa efikasi diri yang menekankan pada yakin dapat melaksanakan tugas, yakin dapat memotivasi diri dalam menyelesaikan tugas, yakin bahwa dirinya mampu menghadapi tantangan, yakin mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dapat berkontribusi meningkatkan efektivitas mengajar. Kualitas pemberdayaan guru yang baik yang menjadikan guru lebih profesional akan dapat meningkatkan efektivitas mengajar. Berdasarkan temuan pada penelitian ini semakin kuat efikasi diri dan kualitas pemeberdayaan guru, maka diprediksi semakin tinggi efektivitas kerja guru. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif antara efikasi diri terhadap efektivitas mengajar dengan kualitas pemberdayaan guru ?y1 = 0,103. Terdapat hubungan positif antara kualitas pemberdayaan guru terhadap efektivitas mengajar dengan koefisien determinasi ?y2 = 0,546. Hal ini menunjukkan bahwa efektivitas kerja guru dapat ditingkatkan dengan penguatan efikasi diri dan kualitas pemberdayaan guru.
References
Aisharaspati, R. T. (2017). Hubungan antara self-efficacy dan Kepemimpinan Transformasional dengan Efektivitas Mengajar Guru Madrasah Aliyah Swasta Kota Bogor. Tesis. Universitas Pakuan Bogor.
Agung, K., 2011, Transformasi Pelayanan Publik, Yogyakarta: Pembaruan.
Amoli, F. A. & Youran, M. (2014). Delving the Relationship between Teacher Empowerment and Job Satisfaction among Iranian EFL Teachers in Tehran Aviation University. Theory and Practice in Language Studies, 4(4), 771–777. https://doi.org/10.4304/tpls.4.4.771-777
Aslan, C. (2017). Eurasian Journal of Educational Research. Eurasian Journal of Educational Research, 70, 37.
Baliyan, S. P. & Moorad, F. R. (2018). Teaching effectiveness in private higher education institutions in botswana: Analysis of students’ perceptions. International Journal of Higher Education, 7(3), 143–155. https://doi.org/10.5430/ijhe.v7n3p143.
Barnes, G. V. (2000). Self-efficacy and teaching effectiveness. Journal of String Research, 1(4), 627–643.
Chi, H., Yeh, H. & Choum, S. (2013). The organizational commitment, personality trait and teaching efficacy of junior high school teachers: The mediating effect of job involvement. The Journal of Human Resource and Adult Learning, 9 (2), 131-142.
Firdaus, Y. (2019). Efektivitas Pengajaran Guru Ditinjau Dari Adversity Quotient Dan Integritas. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 700–706.
Forefry, N., Pembina, D., Pendidikan, G., Madrasah, K., & Bermutu, S. (2017). Strategi Pemberdayaan Guru Oleh Madrasah (Studi Kasus di SMAN 5 dan SMA Darul Hikam Kota Bandung). Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 24(1), 47–59.
Garba, M. M., & Gupta, B. (2015). Teaching Effectiveness for Public and Private Universities in Malaysia. http://dx.doi.org/10.15242/ ICEHM.ED0515557. Diunduh 12 Januari 2019.
Griffin & Moorhead. (2014). Organizational: Behavior, Managing People and Organizations. South Western: Cengage Learning.
Goulão, M. F. (2014). The Relationship between Self-Efficacy and Academic Achievement in Adults’ Learners. Athens Journal of Education, 1(3): 237–246.
Hidayat, S., Reza, A., Yuliana, N., Teknik, D. F., Bogor, K., Remaja, K., Jawa, P. (2018). Peningkatan Kualitas Pemberdayaan Guru Dan Masyarakat Untuk Meminimalisir Terjadinya Kenakalan Remaja Di Desa Ciasihan. Jurnal UIKA, 02 (3): 317.
Iswadi, H. Sekelumit Dari Hasil PISA 2015 Yang Baru Dirilis. https://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/230/Sekelumit-dari-Hasil-PISA-2015-yang-Baru-Dirilis.html. Diunduh tanggal 22 November 2019.
Khayati, N. & Sarjana, S. (2015). Efikasi Diri dan Kreativitas Menciptakan Inovasi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(3): 243.
Layne, L. (2012). Defining Effective Teaching. Journal on Excellence in College Teaching. 23 (1): 43-68.
Manaf, A. (2016). Hubungan Pemberdayaan Guru Terhadap Profesionalisme Guru Dan Mutu Pendidikan. Jurnal Penelitian, 10(2), 108–118.
Moalosi, W. T. S., & Forcheh, N. (2015). Self-Efficacy Levels and Gender Differentials among Teacher Trainees in Colleges of Education in Botswana. Journal of Education and Learning, 4(3): 1-13.
Nurpuspitasari, D., Hidayat, R., Harijanto, S., Barat, B. J., Pascasarjana, P., & Pakuan, U. (2019). Efektivitas pembelajaran ditinjau dari supervisi akademik kepala Madrasah dan budaya Madrasah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 762–769.
Francis, P., Thomas M., Asiah, S., Md. Sahid. (2015). Importance of Teaching Effectiveness among Lecturers in Institute of Higher Learning in Malaysia. International Journal of Sosial and Humanity, 5(4):2.
Prasetiyo, A. (2018). Pengaruh Citra Lembaga, Kelompok Referensi Dan Efikasi Diri Terhadap Keputusan Siswa Dalam Memilih Madrasah SMA Negeri 1 Sumberrejo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 01(02), 37–44.
Rohmati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 9 (1).
Smetackova, I., (2017). Self-efficacy and burnout syndrome among teachers. The European Journal of Social & Behavioural Sciences, 20(3), 2476–2488. https://doi.org/10.15405/ejsbs.219. Diunduh 12 Januari 2019.
Steers, Richard M, Terj: Magdalena Jamin, (2015). Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Vadahi, F., & Lesha, J. (2015). Enhancing Teachers Self-Efficacy?: Theoretical and Research Considerations. European Scientific Journal, 11(19), 82–89.
Veisi, S., Azizifar, A., Gowhary, H., & Jamalinesari, A. (2015). The Relationship between Iranian EFL Teachers’ Empowerment and Teachers’ Self-efficacy. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 185 (November), 437–445. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.03.362. Diunduh 12 Januari 2019.
Wahyudi, R., Santosa, S., & Sumaryati, S. (2013). Pengaruh kesiapan guru mengajar dan lingkungan belajar terhadap efektivitas pembelajaran di MTS Kristen 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan UNS, 2(2), 37–48.
Wu, J., Cheung, H. Y., & Chan, R. M. C. (2017). Changing definition of teacher professionalism: Autonomy and accountability. In Teacher Empowerment Toward Professional Development and Practices: Perspectives Across Borders. https://doi.org/10.1007/978-981-10-4151-8_4. Diunduh 12 Januari 2019.
Yunus, S. Mengkritisi Kualitas Guru. https://mediaindonesia.com/read/detail/ 200182-mengkritisi-kualitas-guru. Diunduh tanggal 22 November 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Buhori Buhori, Jen Zainal Asikin Hans

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.