Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran pada Toko Mulia Mart

Authors

  • Ridwan Fahrozi STIE Hidayatullah, Depok, Indonesia
  • Nurul Karimah STIE Hidayatullah, Depok, Indonesia
  • Veri Muldani STIE Hidayatullah, Depok, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55336/jpb.v4i2.140

Keywords:

Analisis SWOT, Strategi, Pemasaran

Abstract

Mulia Mart adalah unit bisnis yang bergerak pada bidang ritel, khususnya menjual kebutuhan pokok dan kelengkapan lainnya. Mulia Mart menyediakan beberapa macam produk yang beragam. Pada mini market, sengitnya persaingan, konsumen yang sensitive terhadap harga sangat mempengaruhi minat beli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan dengan menggunakan teknik analisis data SWOT. Setelah dianalisis dari hasil analisis SWOT di atas Mulia Mart ini mempunyai strategi pertama yaitu strategi S-O dimana strategi ini memanfaatkan kekuatan perusahaan untuk meraih peluang yang ada pada lingkungan luar, guna memperoleh keuntungan bagi perusahaan, berikut beberapa strateginya, kelengkapan produk tetap dijaga, memanfaatkan lokasi yang strategis untuk membuka cabang serta menarik konsumen, meningkatkan kualitas pelayanan.

References

Abdullah, Thamrin & Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Abdurrahman, Nana Herdiana. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Adam, Muhammad. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Aplikasi. Bandung: ALFABETA.

Anggraeni, Rina. 2019. “Berbasis Ekspor dan Padat Karya,Pemerintah Pacu Industri Furniture,” Skirpsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Assauri, Sofjan. 2019. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aziz, Thoriq, Rofiq Noorman, Sugeng Riyanto, and H. M. Usman. "The Effect of Marketing Mix and Brand Image towards Interest of Students at Riyadlul Jannah Islamic High School Jonggol." International Journal of Sharia Business Management 2, no. 2 (2023).

Buchari, Alma.Kewirausahaan. Bandung: ALFABETA.

Bukhari, Alma. 2015. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta, 2002.

Bukhari, Alma. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta, 2008.

David, F.R. 2003. Manajemen Terjemahan : Konsep Edisi 10 Buku 1. Jakarta : Salemba.

Fahmi, Irham. 2015. Manajemen Risiko. Bandung: ALFABETA.

Gitosudarmo, Indriyo.Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFEYOG 012.

Hanafi, M. Hamdun. 2003. Manajemen. Yogyakarta: Unit Penerbit.

Hasan, Ali. 2010. Marketing Bank Syariah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial, Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Erlangga.

J. Moleong, Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Roskarya.

Jauch, Lawrence & Williem F. Glueck. 2004. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Phillip & Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas. Jakarta : Prehallindo.

Laeliyah, Siti. 2017. “Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner dalam Perspektif Ekonomi Islam,” Skripsi.Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Rangkuti, Freddy. 2004. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia.

Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia.

Rangkuti, Freddy. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia.

Sedarmayanti. 2014. Manajemen Strategi. Bandung: PT Refika Aditama.

Siagian, Sondang P. 2015. Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Sudaryono. 2015. Pengantar Bisnis: Teori dan Contoh Kasus. Yogyakarta: CV Andi Offset,

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2015 Manajemen Pemasaran Jasa.Yogyakarta: CAPS.

Suryatama, Erwin. 2014. Lebih Memahami Analisis SWOT dalam Bisnis. Yogyakarta: Kata Pena.

Umar, Husein. 2010. Desain Penelitian Manajemen Strategik: Cara Mudah Meneliti Masalah-Masalah Manajemen Strategik untuk Skripsi, Tesis dan Praktik Bisnis. Jakarta: Rajawali Pres.

Yahya, A., & Haryadi, R. N. (2023). The Effect of Store Atmosphere on Consumer Purchase Decisions at Kentucky Fried Chicken Serpong Branch Tangerang Selatan. Kompartemen: Kumpulan Orientasi Pasar Konsumen, 1(1), 31-36.

Published

2023-09-25

How to Cite

Fahrozi, R., Karimah, N., & Muldani, V. (2023). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran pada Toko Mulia Mart . Jurnal Pajak Dan Bisnis (Journal of Tax and Business), 4(2), 421–426. https://doi.org/10.55336/jpb.v4i2.140