Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Natura Mega Murni di Pekanbaru

Authors

  • Sri Wahyuni STIE Persada Bunda, Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Desi Susanti STIEPersada Bunda, Pekanbaru, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55336/jpb.v4i2.137

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Lokasi penelitian dilakukan di PT Natura Mega Murni Pekanbaru, Provinsi Riau. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 59 orang dengan metode non probability. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuntitatif dengan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati memiliki pengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Natura Mega Murni. Dengan nilai R square sebesar 0,715 atau 71,5% berarti bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati memiliki hubungan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Natura Mega Murni. Dan nilai adjust R Square yang dihasilkan dalam penelitian ini sebesar 0,688 atau 68,8% berarti bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati dapat berkontribusi mempengaruhi kepuasan pelanggan pada PT Natura Mega Murni dan sisa 31,2% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

References

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri., 2012., Manajemen Pemasaran., Rajawali., Jakarta

Haryadi, R. N., Sunarsi, D., Erlangga, H., Nurjaya, N., & Hamsinah, H. (2022). Pengaruh Komunikasi dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT Timur Jaya Prestasi Cileungsi. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 5(3), 702-709.

Idrus. A. Salim (2021)., Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian., Media Nusa Kreatif., ISBN 978-602-462-278-7., Malang.

Joesyiana, K. 2017. Pengaruh Sikap, Faktor Pribadi, Dan Faktor Sosial Terhadap keputusan Pembelian produk Tata Rias Wajah Import. Vol. 3 No 2, Oktober. ISSN : 2502-1419.

Joesyiana, K., Basriani, A., Susanti, D., & Wahyuni, S. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Pengguna Media Sosial Instagram (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Riau). ECo-Buss, 4(2), 332–347. https://doi.org/10.32877/eb.v4i2.228

Kotler, Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta

Limakrisna, Nandan., 2017., Manajemen Pemasaran., Edisi 2., Mitra Wacana Media., Jakarta.

Nurjaya, N., Erlangga, H., Iskandar, A. S., Sunarsi, D., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pigeonhole Coffee di Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(2), 147-153.

Saputra, D., & Achmad, A. Z. (2022). Model Komunikasi Interpersonal Terhadap Kepuasan Kerja pada PT. Anugrah Makmur Indonesia di Tangerang. Jurnal Ekonomi Utama, 1(3), 160-165.

Sunyoto, Danang., 2014., Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen., Penerbit CAPS., Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy., 2008., Strategi Pemasaran., Edisi III., ANDI., Yogyakarta.

Usman, Husaini., 2013., Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan., Edisi Empat,. Bumi Aksara., Jakarta.

Wahyuni, S. ., Joesyiana, K. ., Zainal, H. ., Basriani, A. ., & Wahyuni, S. (2023). Pemanfaatan Media Sosial dalam Kegiatan Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 31–36. https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i1.121

Wahyuni, S. (2023). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Desa Taman Rahayu Bekasi. Jurnal Ekonomi Utama, 2(2), 172-179.

Published

2023-09-22

How to Cite

Wahyuni, S., & Susanti, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Natura Mega Murni di Pekanbaru. Jurnal Pajak Dan Bisnis (Journal of Tax and Business), 4(2), 375–382. https://doi.org/10.55336/jpb.v4i2.137