Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Masyarakat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak

(Studi Kasus pada Mahasiswa STIE Hidayatullah Depok)

Authors

  • Shofwatul Millah STIE Hidayatullah Depok, Depok, Indonesia
  • Muhammad Saddam STIE Hidayatullah Depok, Depok, Indonesia
  • Parmuji Parmuji STIE Hidayatullah Depok, Depok, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55336/jpb.v4i2.128

Keywords:

Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kesadaran Hukum, Tingkat Pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah pemahaman peraturan perpajakan, kesadaran hukum dan tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak baik secara parsial maupun simultan.  Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner.  Hasil data yang diperoleh dari kuesioner yang telah dibagikan kepada mahasiswa STIE Hidayatullah Depok sebanyak 60 responden yang telah dihitung menggunakan rumus Slovin dengan penentuan sampel menggunakan metode random sampling.  Anaslis data menggunakan teknik regresi linear berganda dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemahaman Peraturan Perpajakan berpengatuh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. (2) Kesadaran Hukum tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. (3) Tingkat Pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.

References

Ariasandy, N. (2017). Pengaruh Pemahaman Wajb Pajak, Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Bisnis Online Di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, Vol 14 No 1.

Asro'i. (2016). Memahami Variabel dan Instrumen Penelitian. Tanggerang: Pustaka Mandiri.

Choridah, L. (2017). Pengaruh Pemahaman Peraturan Dan Kesadaran Hukum Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Muslim Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (Studi Kasus Di Dukuh Payaman Desa Payaman Mejobo Kudus). Thesis, Sain Kudus.

Hardiningsih, P. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak. Dinamika Keuangan Dan Perbankan, 130.

Hartanto, S. (2021). Peradilan Dalam Hukum Pajak. Jurnal Transparansi Hukum, Vol.4, No.1.

Istanto, F. (2010). Analisis Pengaruh Pengetahuan Tentang Pajak, Kualitas Pelayanan, Ketegasan Sanksi Perpajakan Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Motivasi Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak. Universitas Islam Syarif Hidayatullah, Sekripsi.

Jatmiko, A. N. (2006). Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus, dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Program Studi Magister Akuntansi Universitas Diponogoro.

keuangan, K. (2022, october 05). Kinerja Pajak Hingga Agustus 2022 Mencapai Rp1.171,8 triliun, Tumbuh 58,1%. Diambil kembali dari kemenkeu.go.id: https://www.kemenkeu.go.id/informasi-publik/publikasi/berita-utama/Kinerja-Pajak-Hingga-Agustus-2022

Lovihan, S. (2014). Penagruh Kesadaran Membayar Pajak, Pengetahuan, Dan Pemahaman Peraturan Perpajakan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kemauan Membayar Pajak. Jurnal Akuntansi Dan Auditing.

Manik, A. W. (2009). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Biaya Kepatuhan Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Badan yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Madya Denpasar. Bali. Universitas Udayana.

Musthofa, S., & Supryadi, A. (2020). Mengenal Hukum Pajak Dan Hukum Acara Pajak di Indoneisa. Guepedia.

Mutia, S. P. (2014). Pengaruh Sanksi Perpajakan Pelayanan Fiskus, Dan Tingkat Pemahaman Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Priadi (Sudi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribad Yang Terdaftar Di KPP Pratama Padang). Artikel Ilmiah.

Pajak, D. J. (2021, Desember 27). djp. Diambil kembali dari pajak.go.id: https://www.pajak.go.id/id/siaran-pers/penerimaan-pajak-2021-lebihi-target#:~:text=%E2%80%9CSampai%20dengan%20tanggal%2026%20Desember,Rp1.231%2C87%20triliun.

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Basicedu, 449.

Purwono, H. (2010). Dasar-Dasar Perpajakan & Akuntansi Pajak. Jakarta: Erlangga.

Putri, R. L. (2016). Pengruh Motivasi Membayar Pajak Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kepatuhan Pajak Orang Pribadi. Jurnal Profita Edisi 8, 3.

Rahayu, S. K. (2010). Perpajakan Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahman, A. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Tingkat Pendidikan, Dan Pendapatan Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Bumi Dan Bnagunan. Jurnal Akuntansi, 1-8.

Resmi, S. (2004). Perpajakan: Teori Dan Kasus Buku I. Jakarta: Salemba Empat.

Safitri, D., & Silalahi, S. P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus, Pemahaman Peraturan Perpajakan Dan Penerapan Sistem E-FellingTerhadap Kepatuhan Wajib Pajak:Sosialisasi Perpajakan Sebagai Pemoderasi. Jurnal Akuntansi Dan Pajak.

Samsuar. (2019). Atribusi. Network Media, Vol: 2 No 1.

Siat, C. C., & Toly, A. A. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Memenuhi Kewajiban Membayar Pajak Di Surabaya. Tax & Accounting Review, Vol.1, No.1.

Sony, D., & Rahayu, S. K. (2006). Perpajakan:Konsep, Teori Dan Isu. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sugiyono. (2014). Metode Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukma, N. M. (2019). Pengaruh Ekstensifikasi Pakal, Sosialisasi Pajak, Pengetahuan Pajak, Dan Kesadaran Hukum Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dan Dimoderasi Oleh Pelaksanaan Good Goverment Governance. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UIN Jakarta, 109-110.

Sulistyowati, M., Ferdian, T., & Girsang, R. N. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Yang Terdafatar Di SAMSAT Kabupaten Tebo). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 4.

Suyanto, T. W. (2014). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Tingkat Pendidikan, Dan Sanksi Administrasi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Melakukan Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan (Studi Kasus Pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Sleman). Jurnal Akuntansi, 95.

Tiraada, T. A. (2013). Kesadaran Perpajakan, Sanksi Pajak, Sikap Fiskus Terhadap Kepatuhan WPOP di Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal EMBA, 1000.

Zain, M. (2007). Manajemen Perpajakan. Jakarta: Salemba Empat.

Published

2023-09-07

How to Cite

Millah, S., Saddam, M., & Parmuji, P. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Masyarakat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak: (Studi Kasus pada Mahasiswa STIE Hidayatullah Depok). Jurnal Pajak Dan Bisnis (Journal of Tax and Business), 4(2), 242–251. https://doi.org/10.55336/jpb.v4i2.128