Pengaruh Harga dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Belanja di Online Shop Lazada

Authors

  • Hafifuddin Hafifuddin STIE Hidayatullah Depok, Depok, Indonesia
  • Nurfadilah Nurfadilah STIE Hidayatullah Depok, Depok, Indonesia
  • Veri Muldani STIE Hidayatullah Depok, Depok, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55336/jpb.v4i2.126

Keywords:

Harga, Kepercayaan, Minat, Online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh harga terhadap minat beli secara online pada toko Lazada. (2) pengaruh kepercayaan terhadap minat beli secara online pada toko Lazada. (3) pengaruh harga dan kepercayaan terhadap minat beli secara  simultan  pada toko online  Lazada. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang dilakukan dengan cara membagikan kuesioner berbasis online dengan menggunakan google form. Populasi pada penelitian ini adalah pembeli aktif dalam 30 hari terakhir di lazada. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling yaitu dengan teknik pengambilan sample convenience sampling sehingga peneliti memilih responden berdasarkan yang paling mudah ditemui atau didapatkan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi linier  berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif  harga terhadap minat beli secara online pada toko lazada. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 7,455 dengan nilai signifikan sebesar 0,05 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,148 (2) terdapat pengaruh positif kepercayaan terhadap minat beli secara online pada toko lazada. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 7,455 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,293. (3) harga dan kepercayaan berpengaruh positif terhadap minat beli secara online pada toko Lazada . Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian diperoleh nilai F hitung sebesar 176,034 dengan signifikansi (0,000<0,05).  

References

Adinata, K. J., & Yasa, N. N. K. (2018). Pengaruh kepercayaan, persepsi harga, dan sikap terhadap niat beli kembali di situs lazada. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(8), 4153-4180.

Amin, A. M., & Hendra, H. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Lazada. Co. Id. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 1(1), 78-89.

Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh kepercayaan dan risiko pada minat beli belanja online. Jurnal manajemen dan bisnis sriwijaya, 14(2), 155-168.

Bakti, U. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22(1), 101-118.

Fure, F., Lapian, J., & Taroreh, R. (2015). Pengaruh brand image, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen di j. co Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(1).

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Junita, A. (2020). Pengaruh Iklan, Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).

Kusumawati, D., & Saifudin, S. (2020). Pengaruh persepsi harga dan kepercayaan terhadap minat beli secara online saat pandemi Covid-19 pada masyarakat millenia di Jawa Tengah. Jurnal Akuntansi & Bisnis, 6(01).

Mawa, S. F., & Cahyadi, I. F. (2021). Pengaruh Harga, Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli di Lazada. BISNIS J. Bisnis dan Manaj. Islam, 9(2), 253-278.

Napitupulu, M. H., & Supriyono, S. (2023). Pengaruh Keamanan dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Lazada di Surabaya. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(2), 789-800.

Parmawati, J. I. (2021). Pengaruh Kepercayaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Secara On Line.(Studi Kasus Pada Perusahaan Toko Tas Felice ID di Aplikasi Lazada) (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 ssSurabaya).

Parmawati, J. I. (2021). Pengaruh Kepercayaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Secara On Line.(Studi Kasus Pada Perusahaan Toko Tas Felice ID di Aplikasi Lazada) (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Perwira, R. A. (2017). Pengaruh kepercayaan, harga, dan kemudahan terhadap minat beli konsumen pada toko online (studi pada toko online olx. Co, id). Prodi Manajemen Universitas PGRI Yogyakarta.

Prasetya, R. A., & Asteria, B. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI APLIKASI LAZADA. Jurnal TAMBORA, 7(1), 235-242.

Sari, C., & Rodhiah, R. (2020). Pengaruh kepercayaan, persepsi harga, dan kinerja operasional terhadap minat beli pelanggan lazada. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(4), 897-905.

Sari, I. D. P., Nobelson, N., & Sembiring, R. (2017). Pengaruh Harga (price), kenyamanan konsumen (customer convenience) dan kepercayaan (trust) Terhadap Minat Beli Di Lazada. co. id. ISEI Business and Management ssssssReview, 1(2), 73-78

Suasapha, A. H. (2020). Skala Likert Untuk Penelitian Pariwisata; Beberapa Catatan Untuk Menyusunnya Dengan Baik. Jurnal Kepariwisataan,19(1), 26-37. https://doi.org/10.52352/jpar.v19i1.407

Published

2023-09-06

How to Cite

Hafifuddin, H., Nurfadilah, N., & Muldani, V. (2023). Pengaruh Harga dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Belanja di Online Shop Lazada. Journal of Tax and Business, 4(2), 219–228. https://doi.org/10.55336/jpb.v4i2.126