Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Turnover Intention melalui Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Ruang Raya Pekanbaru

Authors

  • Nanik Nanik Yuzalmi STIE Persada Bunda
  • Refni Sukmadewi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda, Pekanbaru, Indonesia
  • Muhammad Fahrozi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda, Pekanbaru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55336/jpb.v4i2.119

Keywords:

Kepemimpinan Transformasional, Budaya Kerja, Turnover Intention, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap turnover intention di PT Ruang Cabang Pekanbaru. Penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebar kepada karyawan di perusahaan tersebut. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap turnover intention di PT Ruang Raya Pekanbaru. Namun, budaya organisasi memiliki pengaruh signifikan terhadap turnover intention di perusahaan tersebut. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi secara bersama-sama tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap turnover intention di PT Ruang Raya Pekanbaru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi hanya memberikan kontribusi sebesar 74,3% terhadap turnover intention, sedangkan sisanya sebesar 25,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil ini menunjukkan adanya perluasan penelitian di masa mendatang untuk mempertimbangkan faktor- faktor lain yang mungkin mempengaruhi turnover intention di perusahaan ini.

References

Haryadi, R. N., Sunarsi, D., Erlangga, H., Nurjaya, N., & Hamsinah, H. (2022). Pengaruh Komunikasi dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT Timur Jaya Prestasi Cileungsi. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 5(3), 702-709.

Nanik Yuzalmi. (2023). PENGARUH KOMPETENSI DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) TERHADAP KINERJA KARYAWAN. 5(2), 1–14.

R. W. (2015). Perilaku Organisasi: Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi. Jakarta: Salemba Empat

Sammuel, & Tanoto, S. R. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Turnover Intention Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Karyawan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Sektor Makanan Dan Minuman Di Kabupaten Blora. Agora, Jurnal Mahasiswa Business Management, 10(2).

Simanjuntak, Payaman J. Manjemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. 2015.

Sofyandi, Herman. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2013.

Sutrisno, E. 2010. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan ke 2). Kencana Prenada Group.

Thoha Miftah. (2010). Pembinaan Organisasi, proses dianosa dan intervensi, Manajemen Kepemimpinan. Yogyakarta: Gava Media

Yodiansyah, H., & Yuzalmi, N. (2018). Analisis Komunikasi Konsumen Terhadap Fidusia Leasing Kendaraan Pada Studi Kasus Debt. Collector Dengan Fiduciary Vehicle System Methods. Jurnal Riset Komunikasi, 1(2), 225–241. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i2.34

Yulzami, N., Sukmadewi, R., & Kurniadi, D. (2019). Pengaruh Work Family Conflict dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan Rumah Sakit Syafira Pekanbaru. Jurnal EMBA, 1(4), 153–157.

Yuzalmi, N. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Guru pada MAN 1 Pekanbaru. Jurnal Pajak Dan Bisnis (Journal of Tax and …, 4(1), 72–78. https://jurnal.stpi-pajak.ac.id/index.php/JPB/article/view/72%0Ahttps://jurnal.stpi-pajak.ac.id/index.php/JPB/article/download/72/61.

Published

2023-09-09

How to Cite

Nanik Yuzalmi, N., Sukmadewi, R., & Fahrozi, M. . (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Turnover Intention melalui Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Ruang Raya Pekanbaru. Jurnal Pajak Dan Bisnis (Journal of Tax and Business), 4(2), 283–290. https://doi.org/10.55336/jpb.v4i2.119