Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Keterampilan Kerja Guru Terhadap Produktivitas Kerja Guru SDIT Global Insan Madani Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi

Authors

  • Endriyansyah Endriyansyah Universitas IPWI Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Besar Agung Martono Universitas IPWI Jakarta, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55336/jpb.v4i2.115

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Keterampilan Kerja, Motivasi, Produktivitas Kerja Guru

Abstract

Gaya kepemimpinan, motivasi, dan keterampilan kerja adalah faktor-faktor yang diduga berpengaruh penting terhadap produktivitas guru di SDIT Global Insan Madani. Untuk membuktikan pengaruh dari ketiga faktor tersebut, maka dilakukan penelitian ini. Pada penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan (X1), keterampilan kerja (X2), dan motivasi (Y) terhadap produktivitas kerja guru (Z). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Global Insan Madani, Bekasi, Jawa Barat. Metode pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif yang berasal dari sumber primer. Data dianalisis dengan menggunakan analisis jalur. Sampel yang digunakan yaitu 31 orang guru di SDIT Global Insan Madani. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Hasil perhitungan analisis jalur yaitu besarnya pengaruh langsung variabel X1 terhadap variabel Y sebesar 0,294 dan variabel X2 terhadap variabel Y sebesar 0,584, dengan nilai ?1 sebesar 0,662. Sedangkan pengaruh langsung variabel X1 terhadap variabel Z adalah 0,122, variabel X2 terhadap variabel Z sebesar 0,785, dan pengaruh variabel Y terhadap variabel Z adalah 0,075, dengan nilai ?2 yang dihasilkan sebesar 0,421. Z melalui variabel Y sebesar 0,044. Berdasarkan hasil yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa variabel yang sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja guru di SDIT Global Insan Madani yaitu keterampilan kerja (X2) dengan nilai pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan dengan variabel lainnya, baik secara langsung maupun tidak langsung.

References

Abdullah, M. (2015). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Aswaja Pressindo.

Ackerman, J. M., Shapiro, J. R., Neuberg, S. L., Kenrick, D. T., Becker, D. V., Griskevicius, V., Maner, J. K., & Schaller, M. (2006). They All Look the Same to Me (Unless They’re Angry). Psychological Science, 17(10), 836–840. https://doi.org/10.1111/j.1467-9280.2006.01790.x

Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen?: Fungsi Proses Pengendalian. Mitra Wacana Media.

Aprilita, B., & Andriyani, A. (2012). Dimensi-Dimensi Gaya Kepemimpinan Bass dan Avolio Menurut Persepsi Karyawan dalam Membangun Gaya Kepemimpinan yang Efektif.

Arcynthia, L. (2013). Analisis Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Bukopin, Tbk. Cabang Makassar. [Jurusan Manajemen]. Universitas Hasanuddin.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian?: Suatu Pendekatan Praktik (Ed. Rev.). Rineka Cipta.

Bambang, W. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sulita.

Camacho, D. A., & Parham, B. (2019). Urban Teacher Challenges: What They Are And What We Can Learn From Them. . Teaching and Teacher Education, 85. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.06.014

Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2017). Metode Penelitian Bisnis (12th ed.). Salemba Empat.

Djuwita, T. M. (2011). Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja Pegawai. Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, Manajerial , 10(19).

Edison, E., Anwar, Y., & Komariyah, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia?: Strategi dan Perubahan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi. Alfabeta.

Etomes, S. E., & Molua, E. L. (2018). Strategies For Enhancing The Productivity Of Secondary School Teachers In South West Region Of Cameroon. Journal Of Education And Learning, 8(1).

Eyal, O., & Roth, G. (2011). Principals’ leadership and teachers’ motivation Self-determination theory analysis. Journal of Educational Administration, 49(3), 256–275.

Fitriawati, F. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Indah Jaya Express Surabaya. Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi.

Ganta, V. C., & Manukonda, J. K. (2014). Leadership During Change And Uncertainty In Organizations. International Journal of Organisational Behaviour and Management Perspectives, 3(3).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed). Universitas Diponegoro.

Hanushek, E. A., & Ettema, E. (2017). Defining Productivity in Education: Issues and Illustrations. The American Economist, 62(2), 165–183. https://doi.org/10.1177/0569434516688207

Hardjati, S. (2006). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendapatan Surabaya Utara. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 92–97.

Harris, D. N., & Sass, T. R. (2014). Skills, Productivity and The Evaluation of Teacher Performance. Economics of Education Review, 40, 183–204. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2014.03.002

Hartono, J. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman (Edisi 5). Yogyakarta.

Hasibuan, H. M. S. P. (2006). Dasar-dasar perbankan (5th ed.). Bumi Aksara.

Irianto, J. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Insan Cendekia.

Juanim, J., & Ratnamiasih, I. (2017). The Influence of Leadership and Organizational Support on Community Commitment and City Image of Bandung. International Review of Management and Marketing, 7(5), 9–16.

Kagwiria, K. J., & Amukowa, W. (2013). Teacher’s Productivity in Promoting Quality Education in Public Primary Schools in Kenya. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 2(2). https://doi.org/10.5901/ajis.2013.v2n2p365

Kartina, Suradji, & Subiyakto, R. (2014). Analisis Gaya Kepemimpinan Lurah Batu IX Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Mahmood, T., Ahmed, M., Shoaib, H., & Ghuman, M. A. (2013). Motivation as Pedagogical Technique for Teachers: A Cross Comparison Between Public and Private Sector. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(2). https://doi.org/10.5901/mjss.2013.v4n2p563

Marmoah, S., & Markus Sujarwo. (2019). Hubungan Kualitas Kehidupan Kerja Dengan Keterampilan Mengelola Kelas Guru Sekolah Dasar. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 135–149. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11429

Marwansyah. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia . Alfabeta.

Mesiono, M. (2019). The Influence of Job Satisfaction on the Performance of Madrasah Aliyah (Islamic Senior High School) Teachers. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 4(1), 107–116. https://doi.org/10.24042/tadris.v4i1.4388

Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1).

Ndugu, M. M. (2014). Quality and Productivity of Teachers in Selected Public Secondary Schools in Kenya. Mediterranean Journal of Social Sciences. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n5p103

Nisyak, I. R., & Trijonowati. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(4).

Paramita, L. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur. EJournal Administrasi Negara, 5(3), 6168–6182.

Riduwan, & Kuncoro, E. A. (2017). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Alfabeta.

Robbins, S. P. (2006). Perilaku Organisasi (Edisi ke Sepuluh). PT Indeks Kelompok Gramedia.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2016). Management (13th ed). Pearson Education.

Sari, Y. K. (2014). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Patra Komaladi Dumai. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 6(2).

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sunyoto, D. (2012). Teori, Kuesioner dan Analisis Data. Graha Ilmu.

Suranto, S., & Lestari, E. P. (2014). Pengaruh Motivasi, Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada KPPN Percontohan Jambi, Bangko dan Muara Bungo. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 10(2), 148–160. https://doi.org/10.33830/jom.v10i2.33.2014

Tampubolon, B. D. (2007). Analisis Faktor Gaya Kepemimpinan dan Faktor Etos Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Organisasi Yang Telah Menerapkan Sni 19-9001-2001. Jurnal Standardisasi, 9(3), 106–115.

Tolo, I., Sepang, J. L., & Dotulong, L. O. H. (2016). Pengaruh Keterampilan Kerja Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Manado. Jurnal EMBA?: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(3), 223–334.

Usman, H., & Akbar, P. S. (2006). Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara.

Winarno, W. W. (2015). Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan Eviews (Edisi empat). UPP STIM YKPN.

Woldab, Z. E. (2013). Constructivist Didactics in Teaching Economics: A Shift in Paradigm to be Exemplary Teacher. Academic Journal of Interdisciplinary Studies. https://doi.org/10.5901/ajis.2013.v2n1p197

Yuniarsih, T., & Suwatno. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia?: Teori, Aplikasi, dan Isu Penelitian. Alfabeta

Published

2023-09-22

How to Cite

Endriyansyah, E., & Martono, B. A. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Keterampilan Kerja Guru Terhadap Produktivitas Kerja Guru SDIT Global Insan Madani Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi. Jurnal Pajak Dan Bisnis (Journal of Tax and Business), 4(2), 383–398. https://doi.org/10.55336/jpb.v4i2.115