Pola Komunikasi Masyarakat Perkotaan
(Studi Fenomenologi di Perumahan Bougenville Estate Antapani Bandung)
DOI:
https://doi.org/10.55336/jpb.v3i2.101Keywords:
Pola Komunikasi, Motif, Makna Komunikasi Masyarakat Perkotaan, TindakanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motif komunikasi masyarakat perkotaan di perumahan Bougenville Estate, tindakan komunikasi masyarakat perkotaan di perumahan Bougenville Estate dan makna komunikasi masyarakat perkotaan di perumahan Bougenville Estate. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara dan studi dokumen terhadap 5 informan dan satu informan ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif masyarakat untuk berkomunikasi didasarkan pada motif alasan dan motif untuk tujuan komunikasi. Motif nalar didasarkan pada faktor tempat tinggal dan sistem komunikasi organisasi yang dibangun oleh masyarakat baik formal maupun informal yang disampaikan secara langsung maupun melalui media sosial. Sedangkan motif tujuan karena kepentingan pribadi dan kepentingan organisasi. Tindakan orang dalam berkomunikasi tergantung pada motif orang dalam berkomunikasi, berdasarkan hasil penelitian ada empat macam dalam kehidupan sosial, pertama: tindakan komunikasi untuk menjaga hubungan, kedua: tindakan komunikasi memecahkan masalah, ketiga: tindakan komunikasi menciptakan masalah, keempat: tindakan komunikasi menciptakan masalah, keempat: orang yang tidak peduli dengan apa yang terjadi di lingkungannya. Makna komunikasi bagi masyarakat adalah perlunya komunikasi yang intens melalui dua jalur media, baik melalui media tatap muka maupun media virtual (seperti media sosial). Perlu adanya sikap saling menghargai, menghargai satu sama lain, bijak dalam menghadapi masalah, menilai masalah harus dilihat dari berbagai sudut pandang, pentingnya menjaga hubungan, sosialisasi dan komunikasi untuk menjaga silaturahmi dan menciptakan hubungan yang harmonis dengan orang lain agar kehidupan akan lebih berarti.
References
Adon Nasrullah Jamaluddin, 2017. Sosiologi Perkotaan, CV. Pustaka Setia, Bandung
Adon Nasrullah Jamaluddin, 2017. Sosiologi Perkotaan, CV. Pustaka Setia, Bandung
Ananda Putri Utami. 2018, Pola Komunikasi Organisasi Untuk Meningkatkan Motivasi di Perkebunan Nusantara VIII, Tesis: Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan Bandung.
Bagdan, Robert dan Steven J. Taylor. 1993, Kualitatif-Dasar-Dasar Penelitian, Surabaya, Usaha Nasional
Bob Andrian, Vol.3 No. 1, 2020 Budaya Masyarakat Perkotaan, Pontianak, Jurnal Syiar
Bob Andrian, Vol.3 No. 1, 2020 Budaya Masyarakat Perkotaan, Pontianak, Jurnal Syiar
Bungin, Burhan. 2014. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus
Burhan Bungin, 2014. penelitian Kualitatif. Jakarta Persada
Creswell, J. W. 1998. Qualitative Inqury and Research Design: Choosing Among Five Tradition, The United States of America: Stage Publications Inc.
Deddy, Mulyana. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Deddy, Mulyana. 2011. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Djoko Purwanto, 2011 Komunikasi Bisnis, Jakarta :Erlangga
Gita Eka Sila, 2018 Pola Komunikasi Keluarga” Executive Lady Banker” di Bank BJB Kantor Pusat, Tesis : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan Bandung
I Kade Teja Suastika & Muhammad Arsyad Al-Banjari, 2020. Pola Komunikasi Masyarakat Multikultural (Studi Kasus Masyarakat Multikultural di Kecamatan Basarang), Jurnal : Universitas Islam Kalimantan (Uniska)
Moleong, Lexy. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.
Moleong, Lexy. J 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.
Mulyana, Deddy. 2003 Metodologi Penelitian Kualitatif. (Paradigma baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial) Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyana, Deddy. 2010 Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyana, Deddy. 2010 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ngalimun, 2017. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis, Yogyakarta:Pustaka Baru Pres
Ngalimun,2017, Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: PT Pustaka Baru Pers.
Silalahi, Ulber. 2012 Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama
Situmeang Corporate Social Responsibility, Yogyakarta:Graha Ilmu
Situmeang,2016. Manajemen Public Relation & Media Komunikasi. Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada
Soekanto, Soejono, 1969 Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta :Yayasan Penerbit UISoekanto, Soejono. 2012 Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Soekanto, Soerjono. 2017. Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Rajawali Pers
Soerjono Soekanto, 2017 Sosiologi suatu pengantar, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hamidah Hamidah, Umi Narimawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.